SAKSI BISU SEJARAH : KAMP KONSENTRASI AUSCHWITZ

Sejarah mencatat salah satu pembunuhan besar-besaran adalah pembasmian kaum Yahudi oleh Nazi. Auschwitz menjadi saksi bisu kejadian tersebut. Auschwitz berada di Polandia, tepatnya 286 km  dari Ibukota Polandia, Warsawa.

Pada zaman Hitler berjaya, dimana terjadi pembunuhan orang-orang Yahudi, Hitler membangun kamp konsentrasi pertama di bekas barak tentara Polandia. Kamp konsentrasi terdiri dari 3 kamp utama. Kamp konsentrasi I yang pertama kali dibangun adalah pusat administratif. Kamp ini menampung belasan ribu tahanan bahkan pernah mencapai 20.000 orang tahanan yang terdiri dari para penjahat, homoseksual, dan lain-lain. Di kamp ini, orang Yahudi diperlakukan sangat buruk. Mereka menderita gizi buruk, kerja paksa, bahkan di depan pintu masuk kamp ini tertulis “Kerja Membuatmu Bebas”.

Setelah itu, dibangunlah kamp konsentrasi kedua, Kamp Konsentrasi II – Birkenau, untuk mengurangi kepadatan di kamp utama. Kamp ini digunakan sebagai kamp pembasmian. Orang-orang Yahudi dibasmi di dalam ruangan berisi gas beracun. Mereka disuruh berdesak-desakan di dalam sebuah ruangan kedap udara yang kemudian dimasukkan  gas beracun ke dalamnya. Total ruang gas yang ada di kamp konsentrasi II – Birkenau ada 4, dan ada juga 4 buah krematorium untuk pembakaran mayat. Sudah banyak korban yang dibunuh di kamp konsentrasi ini.

Kamp konsentrasi ketiga tempat dimana para tahanan bekerja paksa. Beberapa kali, para tahanan alias pekerja yang sakit diseleksi untuk masuk ke kamp konsentrasi II – Birkenau. Sekarang, kamp tersebut sudah dijadikan monumen dan menjadi situs World Heritage yang telah ditetapkan oleh UNESCO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s