Batik Indonesia

Salah satu ciri khas Indonesia adalah batik. Batik Indonesia mempunyai berbagai motif, tergantung asal daerah batik itu. Seni pewarnaan dengan malam, seperti cara pembuatan batik memang salah satu bentuk seni kuno. Hal ini ditemukan di kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam.

Dalam litelatur Eropa, teknik batik pertama kali diceritakan dalam buku “History of Java” yang ditulis oleh Sir Thomas Stanford Raffles. Batik ini juga sudah menjadi salah satu dari budaya Indonesia sejak jaman dulu. Batik pertama kali diperkenalkan pada dunia oleh Presiden Soekarno yang memakai batik saat menghadiri konferensi PBB. Salah satu tokoh dunia.

Jenis batik berdasarkan cara pembuatannya ada 3, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Batik tulis adalah kain yang tekstur batiknya dibuat dengan tangan. Prosesnya memakan waktu 2-3 bulan. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari. Sementara batik lukis adalah adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Batik juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Hari Batik ditetapkan jatuh pada tanggal 2 Oktober

Sumber :

http://news.liputan6.com/read/246156/batik-indonesia-resmi-diakui-unesco

http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s