Sejarah “Blue Mosque”

Blue Mosque adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi di Turki. Masjid ini terletak di kota Istanbul dan dibangun atas perintah Sultan Ahmed I dari Dinasti Ottoman pada 1609-1616. Oleh karena itu, masjid ini bernama Masjid Sultan Ahmed. Arsitek yang bernama Mehmed Aga. Sultan Ahmed membangun masjid ini untuk menandingi Hagia Sophia yang dulunya merupakan gereja saat zaman Byzantium. memiliki 6 menara, diameter kubah 23,5 meter dengan tinggi kubah 43 meter, dan kolom beton berdiameter 5 meter. Masjid ini adalah satu dari dua buah masjid di Turki yang mempunyai enam menara, yang satu lagi berada di Adana.

Masjid Sultan Ahmed I ini disebut sebagai “Blue Mosque” karena warna cat interiornya didominasi warna biru, meskipun dari luar tidak terlihat biru.

Berbeda dengan Hagia Sophia yang telah berubah menjadi masjid tapi sekarang dijadikan museum, Blue Mosque tetap menjadi tempat ibadah. Wisatawan yang ingin masuk ke dalam masjid ini diharuskan memakai pakaian yang sopan dan para wanita memakai kerudung. Wisatawan-wisatawan muslim biasanya melakukan shalat sunnah saat mengunjungi masjid inimasjid-biru-istanbul-turki-01

Sumber : https://arminarekasurabaya.wordpress.com/2012/02/24/sejarah-masjid-biru-istanbul-turki/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s